top of page

Manajer Keuangan

Jakarta, Indonesia

Jenis Pekerjaan

Purna Waktu

Latar Belakang

Untuk memperkuat tim kerja yang bergerak dalam penguatan komunitas pekerja komunikasi organisasi nirlaba dan komunitas fasilitator perubahan sosial di Indonesia, Yayasan Roemah Inspirit mencari Manajer Keuangan untuk mengelola, mengembangkan dan mengimplementasi strategi dan sistem keuangan organisasi.

Ketentuan & Tanggung Jawab

Profil umum: 


  • Memiliki pengalaman membuat, mengembangkan, dan menjalankan strategi keuangan organisasi nirlaba dalam hal pengelolaan anggaran donor maupun dari hasil usaha penggalangan dana lainnya dalam 7-10 tahun terakhir.

  • Mampu membuat laporan keuangan organisasi dan berpengalaman mengelola sistem SANGO.

  • Memiliki kemampuan menulis, berbicara, dan memahami bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik. 

  • Mampu menganalisis data atau teks yang kompleks, dan membuatnya menjadi lebih mudah dipahami. 

  • Mampu mengelola tim kerja dan bekerjasama dengan tim divisi lain dengan efektif

  • Mengenal dan mengetahui lingkup kerja Inspirit minimal selama 5 tahun terakhir dan memahami prinsip pentingnya dukungan komunikasi untuk organisasi nirlaba.

  • Mengikuti perkembangan, turut berinteraksi, dan berpihak dalam isu-isu keadilan sosial di Indonesia. 

  • Pemeriksa data keuangan dan alur yang rinci dan sensitif terhadap isu literasi keuangan seluruh staf organisasi. 

  • Rapi, mampu mengorganisir diri sendiri dan tim kecil, perencana yang baik, taat tenggat waktu.

  • Berpikiran terbuka dan punya rasa ingin belajar yang kuat.

  • Nyaman bekerja dengan tim dari berbagai latar belakang, keyakinan dan preferensi hidup.

  • Pemikir kreatif berbasis solusi dengan jiwa usaha sosial. 

  • Nyaman bekerja mandiri maupun dalam tim yang dinamis.


Tugas dan tanggung jawab yang akan diemban:


  • Bersama Direktur Eksekutif dan Direktur Program membuat rencana anggaran untuk kegiatan organisasi.

  • Mengelola kebutuhan keuangan untuk kegiatan program dan operasional organisasi.

  • Menyusun laporan keuangan organisasi, baik untuk program maupun kelembagaan.

  • Mengkoordinir dan supervisi pekerjaan Staf Keuangan dan Staf Administrasi.

  • Mengevaluasi secara berkala SOP Keuangan dan Manajemen organisasi.

  • Mengevaluasi secara berkala penggunaan formulir-formulir keuangan bersama staf Administrasi dan staf Keuangan

  • Membuat standar gaji atau tunjangan untuk Staf dan Volunteer organisasi.

  • Memberikan informasi dan laporan tertulis kepada Direktur Ekskutif dan Direktur Program mengenai perkembangan dan posisi keuangan organisasi secara berkala

  • Mengurus Laporan Pajak organisasi.

  • Melakukan pemeriksaan fisik atas barang-barang Inventaris organisasi.

  • Memeriksa seluruh dokumen keuangan organisasi berikut bukti-bukti pendukungnya.


Yang kami tawarkan: 


Posisi ini akan menghadirkan pengalaman mendukung penguatan ekosistem sektor nirlaba untuk berkomunikasi sehingga banyak lembaga meluas dampak kerjanya. Posisi ini akan bekerja bersama tim kerja yang kreatif, berdedikasi, dan dinamis, yang memiliki jejaring luas dari sektor pembangunan, organisasi nirlaba dari berbagai bidang seperti HAM, reformasi hukum, anti korupsi, lingkungan, peneliti kebijakan ekonomi, seni, juga sesama lembaga peningkat kapasitas lainnya. Kantor Roemah Inspirit berlokasi di Jakarta, dengan jumlah staf hingga 10 orang. Sistem kerja hibrida, artinya penyelesaian tugas-tugas dapat dilakukan online secara jarak jauh, namun kedatangan fisik tetap diperlukan untuk berjejaring, berkordinasi dengan tim kerja, dan mendukung kegiatan program lainnya.


Idealnya posisi ini mulai aktif 1 Oktober 2023. Gaji dan benefit yang kami tawarkan sesuai dengan pengetahuan, pengalaman, dan keahlian teknis yang dikuasai kandidat. Kontrak kerja 40 jam per minggu, dengan kemungkinan diperpanjang setelah satu tahun. 


Yayasan Roemah Inspirit berprinsip inklusi dalam proses rekrutmen, seleksi, dan penempatan staf. Kami mendorong semua orang terlepas kewarganegaraan, ras, etnis, agama, usia, maupun identitas gendernya untuk mendaftar. Semua pendaftar akan dipertimbangkan dengan setara. 

Cara Melamar

Agar dapat dipertimbangkan untuk posisi ini, kandidat harus mengirim surat lamaran kerja dengan melampirkan (1) CV, dan (2) formulir lamaran kerja dalam format pdf kepada tim Roemah Inspirit lewat email contact@roemahinspirit.id selambatnya 10 September 2023, pukul 17.00 WIB. Sebagai judul email, cantumkan “Calon Manajer Keuangan Roemi”.  Formulir lamaran kerja dapat diunduh di situs roemahinspirit.id.


Setelah melewati seleksi administrasi, kandidat yang lolos akan mendapatkan beberapa tugas lewat email untuk dikerjakan secara jarak jauh dalam waktu 3 hari kerja. Tugas yang telah diselesaikan dikirimkan kepada tim Roemah Inspirit lewat email.


Maksimal 5 kandidat yang yang dinilai mengerjakan tugas dengan baik akan dipanggil untuk wawancara antara 17-20 September 2023.


Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai proses ini, dapat menghubungi contact@roemahinspirit.id.


Semoga berhasil!

FORMULIR LAMARAN KERJA

bottom of page