Latar Belakang
Untuk memperkuat tim kerja yang bergerak dalam penguatan komunitas pekerja komunikasi lembaga nirlaba dan komunitas fasilitator perubahan sosial di Indonesia, Yayasan Roemah Inspirit mencari seorang Manajer Komunikasi untuk mengembangkan dan mengimplementasi strategi komunikasi lembaga.
Ketentuan & Tanggung Jawab
Profil umum:
Memiliki pengalaman profesional dan pengetahuan dalam mengelola strategi komunikasi, digital marketing, community engagement, dan manajemen media sosial lembaga dalam 7-10 tahun terakhir.
Memiliki pengalaman membuat, mengembangkan, dan menjalankan strategi kampanye suatu isu secara daring dan luring.
Memiliki kemampuan menulis dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik. Kemampuan bahasa daerah atau bahasa asing selain Bahasa Inggris menjadi nilai tambah.
Luwes menulis teks formal dan informal untuk keperluan komunikasi lembaga.
Berpengalaman menggunakan platform digital yang berbeda-beda seperti sistem CMS, nawala, media sosial, sistem monitoring media.
Mampu menganalisis data atau teks yang kompleks, dan membuatnya menjadi lebih mudah dipahami.
Mengenal dan mengetahui lingkup kerja Inspirit minimal selama 5 tahun terakhir dan memahami prinsip pentingnya dukungan komunikasi untuk organisasi nirlaba.
Mengikuti perkembangan, turut berinteraksi, dan berpihak dalam isu-isu keadilan sosial di Indonesia.
Pemeriksa fakta rinci dan sensitif terhadap isu kesetaraan gender, inklusi sosial, kebudayaan, serta interseksionalitas dalam diskriminasi sosial.
Rapi, mampu mengorganisir diri sendiri dan tim kecil, perencana yang baik, taat tenggat waktu.
Pemikir kreatif berbasis solusi dengan jiwa usaha sosial, berpikiran terbuka dan punya rasa ingin belajar yang kuat.
Nyaman bekerja mengelola tim dalam lingkungan yang dinamis.
Nyaman bekerja dengan tim dengan berbagai latar belakang, keyakinan dan preferensi hidup.
Tugas dan tanggung jawab yang diemban:
Bersama Direktur Eksekutif dan Direktur Program mempelajari kesempatan dan tantangan pengelolaan komunikasi publik organisasi.
Mengelola komunikasi publik organisasi, termasuk komunikasi program
Menyusun manual Sistem Pengelolaan Komunikasi untuk standar tata kelola komunikasi organisasi
Bersama tim Program dan Komunikasi, mengembangkan dan mengelola seluruh kanal komunikasi organisasi, seperti: situs Roemah Inspirit, Nawala, Instagram, Youtube, Spotify, dan LinkedIn:
Merencanakan dan membuat konten;
Memonitor kanal komunikasi sehari-hari;
Mengusulkan perbaikan/peningkatan untuk memastikan pertumbuhan, jangkauan, dan interaksi audiens
Mengembangkan dan menjalankan strategi jenama organisasi.
Memonitor media dan media sosial Indonesia dan global terkait dampak strategi komunikasi mitra kerja organisasi.
Yang kami tawarkan:
Posisi ini akan menghadirkan pengalaman penguatan ekosistem sektor nirlaba untuk berkomunikasi sehingga banyak lembaga meluas dampak kerjanya. Posisi ini akan bekerja bersama tim kerja yang kreatif, berdedikasi, dan dinamis, yang memiliki jejaring luas dari sektor pembangunan, organisasi nirlaba dari berbagai bidang seperti HAM, reformasi hukum, anti korupsi, lingkungan, peneliti kebijakan ekonomi, seni, juga sesama lembaga peningkat kapasitas lainnya. Kantor Roemah Inspirit berlokasi di Jakarta, dengan jumlah staf hingga 10 orang. Sistem kerja hibrida, artinya penyelesaian tugas-tugas dapat dilakukan online secara jarak jauh, namun kedatangan fisik tetap diperlukan untuk berjejaring, bertemu dengan tim, meliput/mendokumentasikan kegiatan, dan fasilitasi pertemuan secara langsung.
Idealnya posisi ini mulai aktif 1 Oktober 2023. Gaji dan benefit yang kami tawarkan sesuai dengan pengetahuan, pengalaman, dan keahlian teknis yang dikuasai kandidat. Kontrak kerja 40 jam per minggu, dengan kemungkinan diperpanjang setelah satu tahun.
Yayasan Roemah Inspirit berprinsip inklusi dalam proses rekrutmen, seleksi, dan penempatan staf. Kami mendorong semua orang terlepas kewarganegaraan, ras, etnis, agama, usia, maupun identitas gendernya untuk mendaftar. Semua pendaftar akan dipertimbangkan dengan setara.
Cara Melamar
Agar dapat dipertimbangkan untuk posisi ini, kandidat harus mengirim surat lamaran kerja dengan melampirkan (1) CV, (2) portofolio karya, dan (3) formulir lamaran kerja dalam format pdf kepada tim Roemah Inspirit lewat email contact@roemahinspirit.id selambatnya Minggu 17 September 2023, pukul 17.00 WIB. Sebagai judul email, cantumkan “Calon Manajer Komunikasi”. Formulir lamaran kerja dapat diunduh di situs roemahinspirit.id.
Setelah melewati seleksi administrasi, kandidat yang lolos akan mendapatkan beberapa tugas lewat email untuk dikerjakan secara jarak jauh dalam waktu 3 hari kerja. Tugas yang telah diselesaikan dikirimkan kepada tim Roemah Inspirit lewat email.
Maksimal 5 kandidat yang dinilai mengerjakan tugas dengan baik akan dipanggil untuk wawancara antara 21-22 September 2023.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai proses ini, dapat menghubungi contact@roemahinspirit.id.
Semoga berhasil!