top of page

Comms Community Bangun Ruang Aman untuk Misuh-Misuh Anak Komunikasi

Komunikasi jadi aspek penting dalam berjalannya sebuah organisasi. Gimana enggak, lewat komunikasi yang efektif, permasalahan sosial dapat tersampaikan dengan lebih baik kepada audiens yang lebih luas. Hasilnya? Perubahan yang lebih cepat dan berdampak.


Meski begitu, para pekerja komunikasi–khususnya pekerja komunikasi sektor nirlaba–seringkali dihadapkan dengan iklim kerja yang jauh dari kata ideal. Titel ‘staf komunikasi’ seakan datang dengan ribuan tuntutan kerja yang tak terduga: menyusun copywriting untuk seluruh kanal media organisasi, memproduksi konten mingguan, mendesain berbagai kebutuhan visual, tapi juga harus cakap berjejaring dengan pihak eksternal. Kalau sudah kayak gini, bolehkah staf komunikasi organisasi nirlaba minta di-endorse Panadol?


Menyadari tantangan yang dihadapi Kawan Comms, Roemah Inspirit membuat inisiatif yang disebut Comms Community. Lewat komunitas ini, diharapkan Kawan Comms nggak cuma mendapat tempat aman untuk berkeluh kesah, tapi juga penguatan dari sesama barisan Kawan Comms yang tersakiti.


Eits, tapi Comms Community bukan cuma ruang misuh-misuh nirfaedah. Lewat inisiatif ini, Kawan Comms yang bergabung bisa berbagi tips, pengetahuan, serta teknik-teknik yang dapat memperkaya kemampuan komunikasi satu sama lain. Ruang interaksi yang nggak bersekat juga memberi kesempatan bagi Kawan Comms untuk saling berkolaborasi. Kerja komunikasi udah susah, akan lebih baik kalau kita bisa saling bersandar, ‘kan?


Dalam pertemuan daring dengan Kawan Comms, Roemah Inspirit merangkum beberapa harapan yang Kawan Comms miliki terhadap gerakan Comms Community ini. Pada dasarnya Kawan Comms menginginkan Comms Community jadi tempat belajar, berbagi, dan berjejaring. Saking semangatnya, beberapa Kawan Comms yang hadir bahkan langsung menyarankan agenda piknik bersama. Serunya!


Di akhir sesi, Roemah Inspirit memberi kesempatan bagi Kawan Comms untuk membagi refleksi tentang pertemuan daring ini. Nggak disangka, banyak Kawan Comms yang tersentuh dengan inisiatif Comms Community. Emang ya, pada dasarnya Tim Comms cuma perlu didengarkan aja kok *hiks*.


Comms Community berencana untuk melakukan pertemuan daring atau luring (sesuai kesepakatan Kawan Comms) tiap satu atau dua bulan sekali. Jadi untuk Kawan Comms yang kemarin belum sempat menghadiri pertemuan daring perdana Comms Community, jangan lupa datang ke sesi curhat selanjutnya, ya!

 

Sambil nunggu waktu temu kangen bareng Kawan Comms selanjutnya, kamu bisa dengerin playlist yang RoeMin buat khusus untuk menemani Kawan Comms melalui berbagai sepak terjang dunia komunikasi. Cus dicek ya!






18 views0 comments

Comments


bottom of page