top of page

Surat dari Roemi



Mitra dan Sahabat Roemah Inspirit yang baik,

Semoga kuartal pertama 2023 telah membawa perubahan, petualangan, dan kabar baik bagi lembaga Anda.


Bagi yang mungkin bertanya-tanya, siapa itu Roemah Inspirit? apa bedanya dengan INSPIRIT? - kami masih satu keluarga besar. INSPIRIT atau Inspirasi Tanpa Batas lahir 15 Februari 2002 dengan cita-cita mengubah cara orang berinteraksi lewat fasilitasi pertemuan yang lebih hidup, memanusiakan setiap peserta, dan menjadi ruang percakapan yang bermakna. INSPIRIT didirikan oleh saya dan Dani Wahyu Munggoro dengan bentuk organisasi hibrida atau social enterprise - sesuatu yang lebih dari 20 tahun lalu masih belum banyak dikenal. Kami mengembangkan ramuan fasilitasi yang tumbuh menjadi Vibrant Facilitation, yang kami tularkan ke lebih dari 5000 orang lewat pelatihan rutin yang dilakukan INSPIRIT hingga sekarang.


Yayasan Roemah Inspirit adalah organisasi nirlaba yang mulai aktif pada 2022 dengan program unggulan bernama REACH, Resource Hub for Advancing Social Change. REACH memungkinkan kami mulai mewujudkan impian untuk menjadi sebuah communications resource hub. Fokus kerja Roemah Inspirit pada penguatan kapasitas komunikasi organisasi masyarakat sipil dalam arti luas, mulai dari komunikasi dan budaya komunikasi lembaga hingga komunikasi eksternal untuk perluasan dampak banyak kerja keadilan sosial yang dilakukan organisasi, komunitas, dan individu dalam ekosistem masyarakat sipil. Cita-cita kami adalah menjadi bagian dari kolaborasi mewujudkan ekosistem masyarakat sipil yang vibrant, kuat, terkoneksi dan terus bertumbuh serta berdampak bagi kehidupan yang lebih baik bagi setiap orang, tanpa kecuali.


Dalam banyak kesempatan, kami menyebut diri sebagai Roemi agar ringkas. Namun kepada semua sahabat baru, kami akan terlebih dulu memperkenalkan diri sebagai Roemah Inspirit. Lebih jauh mengenai cerita kegiatan kami dapat diakses melalui tautan www.roemahinspirit.id, dan semua alamat email tim kami mulai 5 Januari 2023 menggunakan domain @roemahinspirit.id. Silakan bersurat kepada contact@roemahinspirit.id jika Anda ingin menghubungi kami.

Lewat surat ini kami ingin bercerita mengenai apa saja yang kami lakukan sepanjang catur wulan pertama 2023.


Pada bulan Januari hingga April, Roemah Inspirit melakukan serangkaian lokakarya Eksplorasi Komunikasi Organisasi (EKO) bersama mitra dari skema BUILD (Building Institutions and Networks), yang didukung Ford Foundation. Mereka adalah INDEF, ruangrupa (Gudskul Ekosistem), Prakarsa, Gemawan di Pontianak, FITRA, dan Kota Kita di Surakarta. Kegiatan ini merupakan kelanjutan rangkaian lokakarya telah yang dilakukan bersama Combine, WALHI, ICW, In-docs, dan PWYP di kuartal terakhir 2022. Proses EKO menjadi ruang lembaga mempercakapkan pentingnya komunikasi bagi organisasi masyarakat sipil. Mulai dari membantu membuka komunikasi antar unit dalam lembaga dan transfer pengetahuan mengenai origin story tentang mengapa organisasi mereka ada, hingga perubahan dan dampak yang masih ingin diwujudkan dengan peningkatan kapasitas komunikasi yang lebih spesifik. Belajar dari berbagai proses ini, kami tidak sabar membuka proses serupa kepada mitra FF lain di luar skema BUILD mulai tahun depan!


Pada bulan Januari pula, Roemi ikut mendukung penyelenggaraan Vibrant Facilitation Training Angkatan 32 oleh INSPIRIT, dengan peserta dari organisasi masyarakat sipil, perusahaan, dan individu yang ingin meningkatkan kapasitas komunikasi serta fasilitasi. Bagi yang tertarik tahu lebih banyak, simak ceritanya dalam nawala edisi perdana ini.


Akhir Februari, kami menyambangi Cape Town, Afrika Selatan untuk menghadiri pertemuan pertama inisiatif global Weaving Resilience. Perjalanan ini memperkaya Roemah Inspirit dengan pengetahuan dan jejaring baru dari berbagai negara dan wilayah Global South - atau “Selatan” - yang menyegarkan semangat kami untuk memperkuat kolaborasi antar jejaring organisasi masyarakat sipil di Indonesia. Oleh-oleh dari perjalanan berkesan ke Cape Town dapat dibaca dalam nawala ini.


Dalam beberapa minggu mendatang, rencana kami antara lain bersama-sama dengan kawan-kawan Platform Usaha Sosial (yang menjalankan program peningkatan kapasitas ketahanan finansial lewat Re.Search) dan Yayasan KEHATI (yang menjalankan Ananta Fund), akan menyiapkan kegiatan untuk mengajak r lebih banyak OMS mitra FF mengenal lebih dekat inisiatif Weaving Resilience versi Indonesia. Selain itu, bersama-sama COMMUNICATION FOR CHANGE, Roemi sedang menyiapkan kolaborasi penyelenggaraan rangkaian kelas peningkatan kapasitas pegiat komunikasi lembaga. Kawan-kawan yang sudah ikut EKO dan menyampaikan keinginan untuk belajar tentang strategi komunikasi, branding dan lain-lain, tunggu tanggal mainnya!


Kami juga sedang melakukan pendataan ulang alumni Vibrant Facilitation INSPIRIT yang tersebar di seluruh Indonesia hingga ke Malaysia, Timor Leste, dan Australia untuk menghidupkan Vibrant Facilitators Club dan mengadakan gathering alumni. Sedangkan untuk para pegiat komunikasi lembaga nirlaba, ada rencana mengadakan comms gathering sebagai ruang berbagi tips dan trik dan saling belajar.


Masih banyak kegiatan dan kolaborasi yang ingin kami kembangkan bersama. Jika ada gagasan yang ingin diusulkan, jangan segan-segan menghubungi kami! Selamat menikmati nawala perdana ini.

Akhir kata, dengan sepenuh hati kami ucapkan Selamat merayakan Idul Fitri 1444 H. Semoga penuh kebahagiaan dan sukacita bagi kita semua.


Salam hangat,

Budhita Kismadi

Direktur Eksekutif

budhita@roemahinspirit.id


72 views0 comments

Comments


bottom of page