top of page

8 Hal yang Sering Ditanyakan Tentang Jalin Tenggara

Sukses diluncurkan pada 9 Mei lalu, Jalin Tenggara berdiri sebagai resource hub yang hendak memperkuat Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) melalui berbagai lini: finansial, komunikasi, dan pendanaan. Bagi Anda yang tidak bisa hadir pada peluncuran luring Jalin Tenggara, jangan khawatir! Roemah Inspirit telah merangkum 8 informasi penting yang perlu kamu ketahui tentang inisiatif ini.


1. Apa itu Jalin Tenggara?

Jalin Tenggara merupakan koalisi 3 lembaga penyedia layanan penguatan kapasitas bagi Organisasi Masyarakat Sipil (OMS). Nama Jalin Tenggara merangkum keinginan PLUS, Roemah Inspirit, dan Yayasan KEHATI membantu mengakselerasi perwujudan demokrasi sehat yang diusahakan berbagai OMS di Indonesia, baik yang telah bekerja selama berpuluh tahun maupun yang baru memulai langkahnya. Bekerja sama dengan berbagai pihak dalam ekosistem OMS Indonesia dan global, Jalin Tenggara beraspirasi memperluas dukungan kepada OMS di penjuru Indonesia dan Asia Tenggara.


Sebagai bagian dari inisiatif global bernama Weaving Resilience, Jalin Tenggara turut mendorong terwujudnya jaringan sumber daya peer-to-peer yang dirancang oleh OMS di Global South (negara-negara di bagian selatan dunia). Saat ini secara global inisiatif Weaving Resilience terdapat di 8 wilayah: Negara-negara Andean, Brazil, Mexico dan Amerika Tengah, Afrika Barat, Afrika Timur, Afrika Selatan, Afrika Utara dan Timur Tengah, dan Indonesia.


2. Mengapa dinamakan Jalin Tenggara?

Sebagai komponen integral dari gerakan global Weaving Resilience, Jalin Tenggara tidak hanya ingin mengarahkan perhatian kepada Indonesia, tapi juga Asia Tenggara yang kurang terlihat komunitas global karena sering dikelompokkan bersama-sama Asia Selatan dan Asia Timur.


Berkaca dari keadaan tersebut, kata “Tenggara” dipilih dengan harapan inisiatif ini tidak hanya akan memperkuat OMS di Nusantara, tapi juga meluas ke berbagai wilayah di Asia Tenggara. Di sisi lain, “Jalin” merujuk pada kata “Weaving” (merajut). Dalam hal ini upaya penguatan kapasitas diibaratkan menjalin jejaring keahlian dan kekuatan untuk ketangguhan kerja organisasi masyarakat sipil dalam jangka panjang.


3. Apa visi Jalin Tenggara?

Tak bisa dipungkiri, OMS memainkan peran penting dalam membangun masyarakat sipil yang kuat. Mereka memperkuat suara yang rentan dan meningkatkan kesadaran publik akan isu-isu mendesak yang memerlukan tindakan kolektif. Namun, saat ini OMS di Indonesia dan berbagai wilayah di dunia sedang menghadapi tantangan yang berat. Platform digital yang memungkinkan masyarakat bebas berkolaborasi dalam membuat perubahan dan mengakses jalur komunikasi dengan pembuat kebijakan sudah banyak bermunculan, karenanya relevansi OMS jadi bisa dipertanyakan. Pendanaan donor untuk negara ekonomi kelas menengah juga semakin berkurang. Alhasil, OMS sekarang perlu menyikapi cara-cara untuk mendukung keberlangsungan dirinya dengan lebih fleksibel.


Kami membayangkan organisasi masyarakat sipil di Indonesia kokoh secara finansial dan kelembagaan. Mereka tidak lagi terbatas pada sumber pendanaan tradisional seperti hibah dan donor. Namun semakin inovatif dalam mengembangkan pendanaan alternatif untuk mendukung keberlanjutan lembaga.


Kami membayangkan, komunikasi organisasi masyarakat sipil di Indonesia lebih hidup dan bermakna. Mereka saling terkoneksi dan berkolaborasi lintas lembaga, isu, sektor, dan wilayah sehingga semakin besar dampak perubahan gerakan yang diketahui dan dirasakan masyarakat Indonesia. Isu keadilan sosial pun menjadi percakapan publik yang inklusif dimana masyarakat marjinal, kaum muda, dan kelompok perempuan terlibat aktif menentukan arah perubahan yang diinginkan.


Untuk itu, kami juga membayangkan, OMS Indonesia tidak dibayangi keterbatasan alternatif dalam memulai mengusahakan penguatan kapasitas lembaga, para penggerak, dan jejaringnya. Karena dukungan di awal dapat dimanfaatkan sebagai aset intangible yang membuat kerja lembaga jadi lebih lenting.


4. Dari mana asal pendanaan inisiatif Jalin Tenggara?

Melalui inisiatif global Weaving Resilience, dana dikumpulkan terbuka dari seluruh dunia. Semua donor dapat terlibat dalam mendukung inisiatif ini. Saat ini, sudah ada beberapa lembaga donor yang mendukung, seperti Ford Foundation, The Rockefeller Foundation, Packard Foundation, dan lembaga donor besar lainnya. Harapannya, akan ada lebih banyak donor, termasuk donor lokal yang tertarik mendukung inisiatif ini.


5. Apa saja program dalam Jalin Tenggara?

Dalam Jalin Tenggara, terdapat financial resilience hub, communication hub, dan endowment fund.


Financial resilience hub (Re.Search) dikelola oleh PLUS, communication hub (REACH) oleh Roemah Inspirit, dan endowment fund (Ananta Fund) dikembangkan oleh KEHATI.


Ketiganya saling melengkapi: Agar teguh dan stabil dalam jangka panjang, organisasi membutuhkan komunikasi internal dan eksternal yang baik untuk memobilisasi sumber daya, baik manusia maupun material. Jadi kedua hub, Re.Search dan REACH menjadi sisi yang saling melengkapi. Sedangkan Ananta Fund di sisi lain berperan menyediakan sumber daya alternatif untuk membantu organisasi menguatkan kapasitasnya.


6. Layanan apa saja yang ditawarkan Jalin Tenggara?


PLUS

PLUS lewat Re.Search merupakan wadah yang dibentuk oleh dan bagi organisasi masyarakat sipil di Indonesia. Re.Search mendukung organisasi untuk belajar, berbagi dan berkolaborasi dalam menciptakan inovasi, ketahanan finansial dan keberlanjutan dampak.


Kenapa Re.search

Ketahanan finansial merupakan kebutuhan bagi organisasi masyarakat sipil di Indonesia. Untuk menjaga kemampuannya dalam menciptakan dampak, mereka perlu belajar bagaimana membuat perencanaan strategis dan keuangan organisasi mereka sendiri. Re.Search berupaya melayani kebutuhan tersebut.


Roemah Inspirit

Roemah Inspirit lewat REACH menawarkan platform dan berbagai kegiatan untuk mendorong berbagai kolaborasi OMS dalam mobilisasi sumber daya untuk keberlanjutan dan perluasan dampak perubahan.

  • EKO: Roemah Inspirit percaya bahwa komunikasi adalah segalanya, bentuknya sangat beragam. Tidak hanya komunikasi eksternal, namun juga komunikasi internal organisasi. Untuk mengenal komunikasi organisasi lebih dalam, Roemah Inspirit menawarkan metode Eksplorasi Komunikasi Organisasi (EKO) yang diikuti penggerak organisasi secara partisipatif. Identifikasi kebutuhan penguatan dari proses ini memandu Roemah Inspirit dan penggerak lembaga menentukan langkah kerjasama ke depan.

  • Community Club: REACH mengembangkan platform dan ruang bagi para fasilitator dan praktisi komunikasi OMS untuk saling mendukung dan menguatkan melalui temu online dan offline. Melalui platform ini, fasilitator dan praktisi komunikasi diharapkan dapat menjadi komunitas yang hidup, yang terus belajar, serta berkembang keahlian dan pengalamannya.

  • Contents: REACH juga mengembangkan konten-konten tutorial terkait teknik komunikasi untuk penguatan kapasitas komunikasi yang dibutuhkan para mitra.

  • Kelas: Dalam waktu dekat, REACH akan mengadakan kelas-kelas pendek terkait strategi komunikasi, teknik produksi konten, dan fasilitasi untuk umum.

  • Coaching: Mengajak ahli-ahli komunikasi untuk berkolaborasi, Roemah Inspirit menyelenggarakan program coaching sesuai kebutuhan mitra, antara lain teknik fasilitasi, presentasi, desain pertemuan partisipatif, desain event, juga sistem arsip pengetahuan.

  • Selain itu, Roemah Inspirit berkolaborasi memberikan pelayanan yang lebih beragam bagi para mitra, seperti kolaborasi dengan:

    • INSPIRIT, yang membantu menyediakan Vibrant Facilitation Training (pelatihan Vibrant #34 tanggal 6-8 Juli 2023 di Jakarta), Visioning, Team Building, dan Event Experience Design.

    • Communication for Change (C4C), yang mengembangkan program Suluh Penggugah. Bagi yang tertarik mengembangkan keterampilan dan teknik komunikasi, dapat mendaftar kelas Suluh Penggugah yang segera dibuka di Juni-Juli 2023.

Yayasan KEHATI

Yayasan KEHATI lewat Ananta Fund menawarkan dukungan untuk penguatan organisasi masyarakat sipil (OMS) Indonesia.

  • Dukungan dapat berupa dana hibah dan model inkubasi. Dana hibah dapat disalurkan langsung ke OMS atau melalui model inkubasi dimana Ananta akan mendampingi OMS bekerjasama dengan lembaga yang memiliki pengalaman dan kapasitas di bidangnya untuk memperkuat aspek-aspek yang dibutuhkan OMS.

  • Aspek-aspek penguatan OMS yang menjadi fokus Ananta Fund antara lain aspek tata kelola lembaga, penguatan mobilisasi sumberdaya, pelaksanaan program, pengelolaan keuangan lembaga, dan penguatan lainnya yang dibutuhkan oleh OMS sesuai tantangan jaman.



7. Bagaimana cara OMS Indonesia dapat mengakses layanan Jalin Tenggara?

Jika kebutuhan Anda layanan terkait financial resilience, dapat menghubungi PLUS.

Jika kebutuhan Anda layanan terkait komunikasi, dapat menghubungi Roemah Inspirit.

Jika kebutuhan Anda layanan terkait ketersediaan dana, dapat menghubungi Ananta Fund.


Jika masih ragu atau bingung layanan apa yang dibutuhkan, dapat menghubungi salah satu dari ketiga organisasi, PLUS, Roemah Inspirit, atau KEHATI. Kami bertiga rutin berkoordinasi untuk memberikan layanan terbaik pada para mitra.



8. Apa saja rekam jejak penyelenggara Jalin Tenggara?


PLUS didirikan di 2016 sebagai platform belajar tentang usaha sosial bagi penggerak wirausaha yang ingin mencipta dampak secara berkelanjutan. Melalui pelatihan, pengembangan komunitas usaha sosial, dan platform pembelajaran, PLUS secara aktif mendorong dan membangun ekosistem kewirausahaan sosial yang inovatif dan inklusif.


Roemah Inspirit adalah lembaga yang didirikan oleh Inspirasi Tanpa Batas (INSPIRIT) yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di dunia fasilitasi, design thinking, dan event experience design. Produk andalan INSPIRIT, Vibrant, telah mencetak ribuan fasilitator yang tersebar di Indonesia dan dunia.

KEHATI telah berkolaborasi dengan lebih dari seribu organisasi masyarakat sipil di berbagai penjuru kepulauan Indonesia, dan mengelola dana hibah lebih dari US$200 juta dari berbagai sumber, antara lain melalui pengelolaan dana abadi, dana yang bersumber dari donor multilateral dan bilateral, sektor swasta, filantropi, dan crowdfunding.



Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan menghubungi:

Roemah Inspirit : contact@roemahinspirit.id


107 views0 comments

Commentaires


bottom of page