top of page

Lokakarya Siniar untuk Mitra Ford Foundation

Kemajuan teknologi digital mendorong terbentuknya Media Baru (New Media). Media konvensional dibenturkan dengan platform-platform yang terjangkau dan dapat diakses secara terbuka oleh masyarakat awam. Produksi dan diseminasi informasi tidak lagi menjadi produk eksklusif yang hanya bisa dikendalikan oleh segelintir kelompok.



Termasuk dalam instrumen Media Baru adalah siniar, atau yang biasa dikenal dengan istilah asingnya yaitu Podcast. Dengan bermodalkan alat perekam yang sederhana, wacana, dan koneksi internet, masyarakat awam dapat menyebarluaskan informasi dan konten-konten audio lainnya secara luas. Radio tidak lagi menjadi sarana tunggal penyebarluasan informasi berbasis audio.


Siniar sedang berkembang pesat di Indonesia. Salah satu penanda pertumbuhan ini adalah munculnya platform diseminasi konten-konten siniar lokal yang bernama Noice. Investasi ini menunjukkan bahwa pemodal melihat sebuah peluang usaha yang besar dan sedang bertumbuh terkait dengan siniar. Kelak, produksi dan diseminasi siniar mungkin akan menjadi bagian yang penting dan tidak terpisahkan dalam strategi komunikasi organisasi.


Menjawab perkembangan ini, Roemah Inspirit mengembangkan sebuah modul pelatihan pembuatan siniar sederhana yang memperkenalkan aspek produksi sebuah siniar dari hulu ke hilir. Kami menguji modul ini secara internal sebelum kemudian menyelanggarakannya untuk beberapa mitra Ford Foundation secara gratis pada tanggal 25 Juli 2022. Tim kami sedang mengevaluasi dan akan merumuskan modul yang termutakhir agar dapat memberikan pengalaman pelatihan yang lebih baik untuk kesempatan-kesempatan selanjutnya.


Hubungi kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang pelatihan produksi konten digital:

contact@roemi.id

24 views0 comments

Kommentare


Die Kommentarfunktion wurde abgeschaltet.
bottom of page